Sains sebagai produk memang berbeda dengan sains sebagai proses (bagaimana ilmuwan bekerja/memecahkan masalah sains). Sains sebagai proses juga tidak harus selalu dikonotasikan sebagai praktikum laboratorium, terlebih kebanyakan percobaan di sekolah kita lebih mirip seperti tahapan resep masak yang kaku. Table di bawah ini mencoba merangkum berbagai jenis keterampilan yang diharapkan dilakukan oleh siswa dalam pelajaran sains.

Berbagai Keterampilan dalam Pemecahan Masalah secara Ilmiah

Jenis Keterampilan

Penjabaran ketrampilan Individu

Keterampilan Pengenalan

Masalah

· mengidentifikasin masalah

· mengenali adanya perbedaan

· mengenali apakah masalah bisa dipecahkan secara ilmiah atau tidak

· mengidentifikasi apa yang sudah diketahui dari suatu masalah

· mengidentifikasi hal lain yang perlu dikumpulkan

Keterampilan

Perencanaan

· membuat hipotesis yang masuk akal

· menentukan dimana informasi bisa dicari

· mendisain percobaan

· perencanaan untuk mengontrol variabel

Keterampilan

Pengumpulan

Informasi

· menyusun alat-alat laboratorium

· menggunakan alat laboratorium secara benar dan aman

· mengukur secara tepat berbagai instrument

· membuat perkiraan yang layak

· mengamati aspek yang spesifik dari objek

· mengamati dan menjelaskan perubahan

· mencari informasi yang berhubungan dalam buku

· mengumpulkan informasi dari orang yang berpengetahuan

Keterampilan

Mencatat dan

Memproses Informasi

· memilihih cara yang layak untuk mencatat informasi

· mencatat data secara akurat

· mengelompokkan data dalam bentuk yang berbeda

· menggunakan grafik, carta secara layak

· menggunakan proses matematika untuk memani-pulasi data secara jujur dan akurat

Keterampilan

Menginterpretasi

· membuat kesimpulan dari data yang ada

· mengklasifikasi pengamatan

· mengidentifikasi pola dari data yang ada

· menghindari generaliasi yang berlebihan

· mengenali keterbatasan dari informasi yang ada

· menggabungkan informasi dari sumber-sumber yang beragam

Keterampilan Komunikasi

· menjelaskan secara oral atau tertulis berbagai tahapan dalam penelitian

· mempresentasikan penemuan kepada berbagai pihak dalam bentuk yang layak

· berargumentasi hubungan antara bukti dan hasil penemuan

· memperlihatkan hubungan antara hasil dengan permasalahan awal

· menyarankan berbagai bentuk penelitian lanjutan

About these ads