Pointers tentang E-learning

§ Harus dibedakan antara ‘technology’ dan ‘teach-nology’. Maksudnya memang sederhana bahwa ‘teach-nology’ adalah teknologi yang memberikan kontribusi yang baik bagi perbaikan kualitas teaching dan learning.

§ Educational Technology road map, menunjukkan bahwa berbagai inovasi teknologi tidak bisa cukup andal untuk membantu learning, mulai dari radio, tape-recorder, film, televisi, direct broadcast satellite, video, computer, bahkan sampai internet. Pengecualian adalah pada world wide web di tingkat perguruan tinggi dalam hal aksesibilitas pencarian data.

§ Aktivitas pendidikan dengan basis IT: 1) pembelajaran individu (pelatihan keahlian, CD rom dan akses internet, bantuan pencarian informasi, berkomunikasi dengan pakar, ngitung dan editor teks); 2) pembelajaran secara kelompok (email dan mailing list, software presentasi, chat, video clip); dan 3) manajemen pengajaran: pengelolaan data siswa dan hasil evaluasinya, pengelolaan hasil karya siswa dll. Pembagian ini memang hanya untuk memudahkan saja, kenyataannya kadang ini saling melengkapi.

§ Konsekwensinya ke dalam kurikulum di tingkat pendidikan dasar dan menengah adalah: 1) hal ini akan melepaskan guru dari beban sebagai sumber informasi dan membuatnya lebih berkonsentrasi membantu siswa untuk menjadi pembelajar yang baik; 2) karena info banyak tersedia secara gratis membuat isi kurikulum tidak perlu berisi segala macam, malah guru bis amembantu siswa untuk menemukan dan menyingkap berbagai hal; 3) makin efisiennya sistem penyimpanan informasi dan mudahnya mengkases menjadikan fokus belajar siswa ke arah yang kebih kreatif.

§ Hasil riset tentang pemberdayaan IT dalam pendidikan di Newfoundland, Canada untuk sekolah menengah yang terpencil (Dr. Ken Stevens) menunjukkan bahwa yang lebih aktif adalah siswa laki-laki, dan diantara pelajaran MIPA yang diujicobakan hanya Biologi yang mendapat respon positif. Riset ini juga menunjukkan vitalnya empat komponen supaya bisa efektif: guru kelas, guru nara sumber di tempat lain, pustakawan dan teknisi perawatan jaringan.

catatan: kebetulan pernah diundang untuk satu pertemuan tentang hubungan teknologi dan pendidikan, hasil browsing di internet ditampilkan disini siapa tahu berguna bagi yang membacanya.